Akhirnya Tahu Mengapa Bibir Sering Pecah-pecah, Ternyata Alasannya Bukan Kurang Minum! Tetapi...


Wahh ternyata harus banyak makan yang bervitamin!
Mata kering : Kurang vitamin A, karotin
Bau mulut : Kurang vitamin B6, zinc
Gigi kurang kuat : Kurang vitamin A, kalsium, zat besi
Bibir kering, mengelupas : Kurang vitamin A, vitamin B2
Anemia, tangan atau kaki dingin : Kurang vitamin B6, asam folat
Mudah lelah dan tidak bersemangat : Kurang vitamin B1, B2, B6
Rambut rontok dan berketombe : vitamin A, vitamin B6, zinc, kalsium
1. Sariawan dan radang mulut : Kurang vitamin B2
Sariawan atau radang biasanya disebabkan karena dalam tubuh kekurangan vitamin B2 yang dapat membantu penyembuhan luka.
Vitamin B2 sangat penting peranannya bagi kesehatan kulit dan rambut, namun ia tidak bisa tersimpan di dalam tubuh dengan sendirinya, oleh karena itu diperlukan makanan yang bergizi atau suplemen untuk melengkapinya.
Sumber : Setiap hari setidaknya minum 250cc susu, makanan seperti jamur, jamur kuping, kacang tanah, wijen dan almond juga kaya akan vitamin B2.
2. Tubuh lemah : Kurangan zinc
Ciri-ciri : Kekebalan tubuh menurun, kehilangan nafsu makan, pertumbuhan terhambar, rambut rontok, fungsi alat perasa menurun.
Kalau kamu seringkali merasa tawar atau hambar saat makan dan merasa luka di tubuhmu pulih dalam waktu yang lama, mungkin saja tubuhmu kekurangan zinc.
Sumber : Daging sapi atau kambing kaya akan kandungan zinc, kalau kamu makan steak sapi seberat 8 ons seminggu sekali, maka kamu telah memenuhi kebutuhan zinc.
3. Penyakit maag : Kurang vitamin A
Vitamin A bukan hanya faktor penting yang dapat menjaga kesehatan mata, namun ternyata juga penting bagi sistem pencernaan dan pernafasan. Vitamin A bisa mencegah bakteri atau virus yang membahayakan tubuh.
Oleh karena itu apabila kamu kekurangan vitamin A, selain berefek di mata, juga bisa membahayakan sistem pernafasan dan pencernaan.
Sumber : Setiap hari makan sedikit wortel atau makan hati hewan 1-2 kali setiap minggu.
4. Mudah emosi : Kurang zat besi
Kekurangan zat besi bukan hanya dapat menyebabkan anemia, namun bisa juga membuat emosi kamu sangat tidak stabil dan mudah marah.
Zat besi sangat penting untuk membantu tubuhmu memproduksi sel darah merah, khusus bagi perempuan yang sedang datang bulan, zat besi akan semakin penting untuk menambah kesegaran tubuh dan mencegah emosi yang tidak stabil dan menyebabkan kamu terus dalam kondisi down atau bete.
Sumber : Daging merah seperti sapi atau kambing, telur ayam, kacang-kacangan, sayur hijau, selain itu kamu juga harus perbanyak konsumsi vitamin C yang baik untuk penyerapan zat besi.
5. Kaki bengkak : Kurang kalium
Kalium sangat penting untung mengatur keseimbangan darah dan air di dalam tubuh.
Kekurangan kalium dalam jangka panjang dapat menyebabkan aritmia, konduksi saraf yang tidak normal, seperti ketika kamu kekurangan air setelah berolahraga. Kekurangan kalium juga bisa menyebabkan kamu mudah kram, dalam jangka panjang bisa menyebabkan bagian tubuh bengkak, terutama di bagian kaki.
Sumber : Kamu bisa menambah kalium dari konsumsi pisang setelah olahraga untuk mencegah kram, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga bisa menambah kalium bagi tubuh.
7. Badan pegal-pegal/sakit : Kurang vitamin D
Orang yang kurang terkena sinar matahari dan kekurangan vitamin D akan lebih mudah mengalami sakit badan atau pegal. Vitamin D nutrisi tubuh yang tidak dapat disintesis, jadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhannya.
Vitamin D juga penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
Sumber : Mengonsumsi ikan berminyak 2 kali seminggu seperti salmon atau sarden, selain itu kamu juga harus berjemur di bawah sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.
Wah sobat cerpen, ternyata masi banyak sekali yang belum kita ketahui selama ini. Semoga ini berguna bagi kesehatan sobat cerpen semua yah! Jangan lupa berbagi dengan teman dan keluarga!

0 Response to " Akhirnya Tahu Mengapa Bibir Sering Pecah-pecah, Ternyata Alasannya Bukan Kurang Minum! Tetapi... "

Posting Komentar