Kalau Anda Melihat Serangga Ini di Dekat Rumah Anda, Jangan Ragu Untuk Periksakan Diri Anda ke Rumah Sakit! Gejala yang Telat Ditangani Akan Berakibat Buruk Bahkan Kematian!


Tidak peduli apakah kamu takut atau tidak dengan serangga, tapi kalau serangga dengan jenis ini muncul dirumahmu atau sekitarnya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, Sobat Cerpen!
Serangga yang akan diperkenalkan hari ini dikenal dengan nama kissing bug. Namanya terdengar romantis namun sebenarnya serangga ini adalah serangga yang mendapatkan namanya karena mereka hidup dari menghisap darah manusia. Terangsang oleh wangi dan nafas yang dikeluarkan oleh manusia, serangga ini akan memanjat ke atas wajah dan mulai menghisap darah. Setelah menghisap darah, jika mereka membuang kotoran diatas bekas luka tempat ia menghisap darah tersebut, kuman-kuman penyakit dan parasit yang terkandung di dalamnya akan mulai memasuki peredaran darah manusia dan menimbulkan penyakit Chagas.
Orang-orang yang terserang penyakit Chagas akan memiliki gejala awal demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar limfa dan bisul pada bagian yang digigit, serta beberapa gejala lainnya. 8-12 minggu setelah gigitan terjadi adalah fase kronis dimana parasit penyebab penyakit akan masuk ke dalam jantung dan berkembang biak. Orang-orang yang beruntung tidak akan mengalami hal apapun namun sebagian besar orang (sekitar 30-40% dari penderita) akan menderita pelebaran pembuluh darah, pembengkakan saluran makanan, bahkan 20-30% dari penderita menderita gagal jantung dan kematian.
Tidak hanya itu, gejala-gejala pada tahap kronis ini mungkin baru dapat muncul setelah 30 tahun, menyebabkan banyak orang tidak tahu kalau mereka ternyata terserang penyakit Chagas. Penyakit yang sampai hari ini masih belum ada obatnya ini membuatnya menjadi sangat mengerikan. Beberapa usaha pengobatan bisa dilakukan namun pengobatan yang dilakukan setelah gejala buruk semakin banyak akan semakin sia-sia. Kalau penyakit seperti ini tidak segera ditangani, bahkan obat-obatan yang digunakan untuk menghilangkan gejala-gejala yang muncul pun tidak akan bisa bekerja.
Karena itu kalau kalian melihat serangga ini di rumah, dan setelah itu kalian merasa demam, mudah lelah, ada bekas luka dimana-mana, diare, muntah-muntah, dan lainnya, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau dokter terdekat.
Kissing bug pada umumnya aktif di malam hari. Karena itu mereka bisa diatasi dengan tidak membiarkan hewan mamalia (seperti anjing misalnya) keluar berkeliaran di luar rumah pada malam hari. Kalau kalian senang membuka jendela, jangan lupa menutup screening yang ada. Hindari menumpuk kayu-kayu yang tidak terpakai di kamar dan halaman rumah untuk mencegah serangga ini datang menghantui anda dan keluarga anda.
Walaupun pada awalnya serangga-serangga ini hanya hidup di Amerika bagian selatan dimana dunia mereka beriklim tropis, namun gejala-gejala penyakit Chagas sudah mulai terlihat di negara-negara bagian lain. Penyebaran penyakit ini sangat cepat karena itu untuk Sobat Cerpen yang berwisata di tempat-tempat ini harus sangat berhati-hati! Jangan lupa untuk selalu perhatikan keadaan tubuh sendiri dan jangan remehkan flu ataupun pilek. Terkadang hal yang kecil akan berubah menjadi gawat jika berkelanjutan dan terus dibiarkan!
Untuk Sobat Cerpen yang memiliki teman yang tinggal ataupun yang ingin berwisata ke Amerika bagian selatan, jangan lupa bagikan informasi ini ke mereka ya!

0 Response to "Kalau Anda Melihat Serangga Ini di Dekat Rumah Anda, Jangan Ragu Untuk Periksakan Diri Anda ke Rumah Sakit! Gejala yang Telat Ditangani Akan Berakibat Buruk Bahkan Kematian!"

Posting Komentar