Tenggorokan Kering dan Sakit? Hati-hati! Bisa Jadi Itu Adalah Gejala Kanker Stadium Awal! Share demi kesehatan saudaramu!


Kanker tenggorokan adalah salah satu kanker yang sering dijumpai pada kebanyakan orang, dan tentu saja hasil pengobatan kanker ini tergantung pada seberapa cepat kita menyadari tingkat keparahan kanker tersebut. Seorang ahli bedah mengatakan bahwa kanker yang didiagnosa pada 5 tahun pertama itu mempunyai tingkat kesembuhan sebesar 90%, tetapi sebaliknya, kanker yang baru diketahui setelah 5 tahun, hanya mempunyai tingkat kesembuhan sekitar 20-30% saja. 
Kanker tenggorokan ini tumbuh dari sel Mesothelial yang berkembang pada selaput kerongkongan, dan karena faktor inilah yang akhirnya tumbuh menjadi kanker secara bertahap. Waktu yang diperlukan kanker ini untuk berkembang pada tenggorokan  mencapai beberapa tahun lamanya, bahkan dari stadium awal hingga stadium menengah membutuhkan waktu sekitar satu tahun.  
Gejala-gejala kanker tenggorokan stadium awal ini adalah sebagai berikut:
1. Merasa kesulitan ketika menelan; biasanya disebabkan oleh masuknya makanan yang tidak dikunyah secara sempurna.
2. Tulang dada terasa sakit: kamu akan merasakan sakit pada tulang dadamu ketika kamu menelan makanan, tetapi sakit itu akan berangsur hilang ketika kamu sudah selesai makan. Sakit pada tulang dada ini bisa dihilangkan dengan mengonsumsi obat tertentu, tetapi cara ini hanya bersifat sementara. Setelah beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian, gejala itu akan muncul kembali kalau mood dan makanan kita tidak dijaga dengan baik.
3. Merasakan ada sesuatu yang mengganjal di dalam tenggorokan: Kamu akan sering merasa ada benda seperti butiran beras ataupun potongan sayur yang menempel pada dinding tenggorokanmu. Tetapi saat kamu mencoba menelannya, tidak akan terasa sakit sama sekali. Walaupun kamu tidak coba menelannya, kamu masih bisa merasakan ada sesuatu yang mengganjal. Rasa mengganjal inilah yang menjadi tempat dimana penyakit itu akan tumbuh. 
4. Masuknya makanan ke dalam tenggorokan menjadi lambat bahkan terhambat: penderita akan merasa bahwa tenggorokannya menjadi kecil karena makanan yang dia telan menjadi sangat lambat, bahkan dia bisa merasa makanan tersebut terhambat di tengah-tengah tenggorokannya.  
5. Bagian tenggorokan terasa kering dan kencang: penderita akan merasa tenggorokannya selalu kering dan sedikit perih, terlebih ketika dia menelan sesuatu yang kering dan keras. 
Gejala-gejala di atas biasanya ditemukan pada penderita kanker tenggorokan stadium awal. Kamu harus perhatikan gejala-gejala ini dengan baik-baik dalam kehidupanmu sehari-hari. Ketika muncul gejala-gejala yang tidak enak ini, kamu harus segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit secepatnya. 
Lantas, bagaimana cara mencegah kanker tenggorokan ini?
Ubahlah cara mengonsumsi makanan dan minuman kamu: jangan memakan makanan yang terlalu panas dan makan terlalu cepat.
Tidak merokok dan minimalisir frekuensi minum bir: alkohol dan rokok bisa menambah kemungkinan tumbuhnya kanker pada rongga mulut, laring, tenggorokan dan bagian saluran tenggorokan lainnya menjadi berkali-kali lipat. 
Makan makanan yang segar: jangan makan makanan yang telah lama disimpan di dalam kulkas ataupun asinan/acar makanan lainnya. 
Kanker saluran tenggorokan ini bukanlah kanker yang bisa tumbuh dalam waktu yang singkat. Biasanya kanker ini terjadi pada orang dewasa berusia 40 tahun, dan memiliki kebiasaan memakan asinan/acar makanan ataupun minum bir. Dalam waktu singkat, penderita akan langsung mengalami kesulitan dalam menelan sesuatu, tulang dada terasa sakit ataupun hal-hal tidak enak lainnya. Dan sangat dianjurkan untuk segera memeriksakannya di rumah sakit ketika mengalami gejala-gejala awal tersebut. Lebih cepat mengenalinya, lebih cepat didiagnosa dan dirawat, maka tingkat kesembuhannya pun pasti akan meningkat!

0 Response to "Tenggorokan Kering dan Sakit? Hati-hati! Bisa Jadi Itu Adalah Gejala Kanker Stadium Awal! Share demi kesehatan saudaramu!"

Posting Komentar